Tour de Sempu 2010

Sempu island begitu menggoda hasratku untuk mbolang, tepat februari 2010 pas aku awal2 merasakan OJT di PLTU Paiton, di saat temen2 kelasku (sebut himaho) menunggu semester6 terakhir d3, semester6ku pun sdh lewat di bulan januari dan sekarang fokus OJT di PLTU.

Mendengar planning temen2 himaho ke sempu, aku pun langsung tanpa pikir panjang langsung oke..hehehe. Jumat pagi di bulan februai 2010, kami kumpul di kampus pens-its, setelah kumpul kita bergerak meluncur ke rumah temen di deket alun-alun sidoarjo.

Disana kita mengisi bahan bakar alias sarapan..alhamdulillah dapat gratisan..hehehe.. start jam setengah8an dari sidoarjo.menuju malangdengan jarak tempuh sby-sumbermanjing malang selatan berkisar 160km mungkin kita tempuh dalam waktu 4jam-an. dengan rute seperti gambar dibawah ini.
jam 9 pagi kita sampai di malang, dan langsung ambil kiri arah turen, dari turen terus melewati bukit, kita naik gunung lumayan melewati 2 bukit di sumbermanjing. sekalian menikmati pemandangan yang amazing. jalan melewati 2 bukit ini lumayan curam dan menantang, temanku ada yang jatuh karena belokannya hampir 360 derajat muter ke bawah, sampai motornya agak mbengkong. terpaksa kita jalan dengan pelan2 dan hati2.

Tepat sebelum solat jumat kita sampai di pantai banyu biru kecamatan sumbermanjing kabupaten malang, disana kita istirahat dan juga solat jumat setelah memarkir sepeda motor untuk 2 hari, setelah solat jumat.

Kita lapor ke pos jaga pulau sempu untuk nge-camp 1malam disana, tentunya dengan sedikit upeti..hehehe.. sebelum menyeberang dan ngecapm disana kita persiapin 2 air botol besar per orang, soalnya tau sendiri kalau di sempu itu tidak ada mata air, yang ada air laut, ga lucu kan kita kehausan di tengah pulau sempu.

Setelah itu kita ke pantai disitu banyak kapal2 sewaan yang siap mengantar sampai gerbang pulau sempu. setelah kita nego kita juga dikasi nomer hapenya buat besok pulangnya. cuaca lumayan panas dan cerah. ga kebayang kalau hujan.
tim himaho bersiap berlayar ke sempu island
kapal2 penyeberangan banyubiru-sempu
ombak samudera hindia menantang di depan mata
pulau sempu di seberang
Penyeberangan lumayan cepat soalnya pulau sempu sendiri deket sama pantai banyubiru, paling 10 menit udah sampe ke pintu masuk pulau sempu. dan apesnya disana tidak ada dermaga buat kapal bersandar, karena takut kapal nyangkut, kita pun turun 15meter dari bibir pantai, yah air laut masi diatas lutut. menyusuri mangrove
lepas landas di sempu island tanpa dermaga, yang ada nyemplung..hehehe
Perjuangan belum selesai gan, setelah itu baru perjalanan sebenarnya dimulai melewati hutan liar pulau sempu menuju segara anakan di selatan pulau sempu. kita harus treking menelusuri rimbunnya hutan sempu yang liar dan yang membuat berat itu kondisi trek yang berlumpur efek kena hujan, jadi yang offroad bukan 4wheel drive jeep tapi kita..hahaha.. yah gpp.. perjuangan berat menuju segara anakan nantinya akan terbayar dengan keindahannya, Trust Me, meraih sesuatu yang indah itu pasti susah.. tapi kalau kita yakin dan selalu positive thingking all is well, saya yakin kita pasti..

Setelah 1jam-an treking melewati jalan super lumpur, akirnya terdengar suara deburan ombak dari kejauhan, dan ombak itu adalah ombak di segara anakan yang menyeruak masuk ke dalam koral dan masuk ke dalam pulau sempu, makanya istilahnya segara anakan=laut anak, laut yg tercipta karena air laut masuk melalui lobang alami
setelah 1jam treking, akirnya sampai di segara anakan
Tiba di pantai segara anakan kita masih menikmati sensasi deburan ombak dari koral itu, langsung ambil posisi untuk base-camp himaho sambil mempersiapkan kemah sebelum malam tiba, setelah kemah siap, kita cari kayu bakar di hutan belakang kita. yah disana ternyata banyak juga yang ngecamp, jadi gag akan horor nanti malam, hehehe.. dan pastinya kita juga siap2 buat masak2 ngisi perut sehabis 1jam berjuang di liarnya hutan.
ombak menyeruak dari lobang koral yang dihempas ombak samudera hindia
cantiknya koral segara anakan
Menjelang sunset kita keatas koral yang berhadapan langsung dengan luasnya samudera hindia, diatas sana kita dapat melihat tebing koral yang dihantam ombak samudera hindia yang keras, seolah2 koral yang kita duduki selalu bergoyang ketika ombak menghempas.

Kita juga menikmati sunset langit merah di selatan samudera hindia yang indah dan wow.. kita hanya bisa termenung melihatnya.. Trust Me
base-camp kita di segara anakan dilihat dari atas koral pulau smpu
langit merah sunrise di sempu
tertegun menyaksikan keajaiban yang maha kuasa di sempu
luasnya samudera hindia dari atas koral sempu
indahnya laut merah samudera hindia dari atas koral sempu
Malam hari datang, kita siap untuk mengisi perut dengan api unggun menjilat2 menghangatkan tubuh di dinginnya malam dengan diiringi alunan dentuman ombak koral segara anakan serasa seperti di dunia lain, hehehehe..menghabiskan malam dengan bernyanyi bersama dan bercerita bersama menikmati petualangan gila dari surabaya-sempu..

Pada tengah malam saat segara anakan surut kita bisa mendekati lobang koral dan melihatnya dari dekat, alhamdulillah sedang ternag bulan dan malam kita sanagt cerah..hehehehe..

Tak terasa matahari pagi mulai menghangatkan segara anakan, kita pun bergegas ke atas koral untuk melihat sunrise dengan view samudera hindia..

sunrise mulai menerangi segara anakan sempu

Setelah sehari semalaman di sempu, siangnya kita sudah siap2 untuk pulang dan kembali ke surabaya. dan pastinya kita sudah untuk melewati treking lumpur yang liar di hutan sempu selama 1jam nantinya..hehehe..
tim himaho siap2 meninggalkan segara anakan sempu
menanti kapal jemputan pulang..
menikmati hutan mangrove saat menanti kapal jemputan
hutan mangrove sempu
tim himaho setelah 2hari berpetualang di liarnya sempu

itulah kisah petualangan 2hari 1 malam di sempu touring dari surabaya, semoga pembelajaran dari alam membuat kita menjadi pribadi yang tangguh dan kuat..

Bagi temen2 yang belum kesana... what are waiting for..
Trust Me, There are Amazing
Trust Me, I'm an Engineer

Sunday, February 28, 2010
Posted by:Unknown ON: Sunday, February 28, 2010
LabeLs:

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »