Modifikasi NIBB menjadi Synchronous NIBB [progres TA]

Konsep awal TA saya ini kan NIBB (non-inverting buck-boost) yang menggunakan dua mosfet dan dua diode, yang merupakan modifikasi dari rangkaian buck-boost konvensional yang menggunakan satu mosfet dan satu diode.

Synchronous NIBB dengan empat switch yang bekerja gantian
Nah, disini saya tertangtang pengen memodifikasi lagi rangkaian buck-boost ini menjadi synchronous, dimana menggunakan empat switch, jadi disini dua diode NIBB diganti sama dua switch yang bekerja bergantian dengan dua switch buck dan boost.
NIBB dengan dua switch dan dua diode
rangkaian buck-boost konvensional
Ketika curhat ke bapak profesor tentang modifikasi rangkaian buck-boost ini, beliau pun tidak masalah, malah penasaran sama hasilnya, dan juga saya jelasin tuh kalau yang synchronous ini efisiensinya tinggi, karena dua diode sebelumnya punya losses di V-forward nya sebesar 0.7V , nah kalau dua berarti sampai 1.4V tuh. lumayan kan kalau dc-dc converter ini main di tegangan rendah untuk baterai 12V.

Kerugian konvensional buck-boost sendiri itu polaritasnya yg kebalik, sehingga hasil outputnya negativ, tentunya tidak efektif bukan??

Sebenarnya alasan saya memodifikasi rangkan buck-boost menjadi synchronous itu adalah karena nemu driver mosfet yang ternyata kerjanya harus synchronous, jadi satu driver bisa mendrive dua mosfet yang kerja saling bergantian, sisi high-side dan low-side. (driver IR 2111). Jadi sekalian aja deh, kan komponennya udah ada, nunggu apa lagi! sikat aja..hehehe



Tuesday, September 25, 2012
Posted by:Maula Nurul Khakam ON: Tuesday, September 25, 2012

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »