Biography Steve Jobs, 8 fakta di dalamnya!!

Buku biography Steve Jobs
Biografi Steve Jobs yang mulai diterbitkan, setelah kematiannya awal bulan ini. mengungkap berbagai fakta mengejutkan!! Buku ini disusun berdasarkan wawancara Walter Isaacson, penulisnya, dengan Jobs dan orang-orang dekatnya seperti yg saya baca di huffingtonpost.com

Menurut huffingtonpost.com dalam buku riwayat hidup ini, Jobs dikatakan sebagai potret  dari salah satu sosok dengan pemikiran dan idealisme terbaik pada zamannya. Berikut beberapa fakta mengejutkan tentang Steve Jobs di biografinya, seperti yg saya kutip dari Huffington Post:

1. Dari mana nama Apple berasal?
Executek, Matrix, sampai Personal Computers Inc adalah nama-nama yang sempat dipertimbangkan Steve Jobs dan Steve Wozniak untuk perusahaan teknologi yang akan mereka dirikan. Jobs mengatakan nama Apple setelah kembali dari sebuah pertanian buah apel dan akhirnya nama itu yang dipakai. "Nama ini terdengar asyik, bersemangat dan damai," sebut Jobs.

2. Bill Clinton minta nasehat Jobs terkait skandal Monica Lewinski
Skandal perselingkuhan Bill Clinton dengan Monica Lewinski sempat menghebohkan Amerika Serikat di dekade 1990-an. Clinton yang kebingungan ternyata sempat minta nasehat Jobs. "Aku tidak tahu Anda telah melakukan perselingkuhan itu, namun jika memang benar, Anda harus memberitahukan hal itu ke (warga) negara ini," demikian nasehat Jobs pada Clinton yang menjabat presiden AS kala itu.

3. Mengapa Jobs hampir selalu memakai sweater hitam?
Penampilan Jobs identik dengan sweater hitam. Ini berawal kala Jobs berkunjung ke pabrik Sony di Jepang dan menjumpai karyawan di sana berseragam. Ia menyukainya dan sempat berpikir agar karyawan Apple pun berseragam. Meski hal itu tak jadi terlaksana, Jobs memutuskan membuat pakaian khas untuk diri sendiri. Jadilah ia selalu memakai sweater hitam yang didesain oleh desainer asal Jepang bernama Issey Miyake. 

4. Jobs kecewa dengan Barack Obama
Jobs adalah pendukung presiden Barack Obama. Namun ia kecewa dengan beberapa kebijakan Obama dan pada saat keduanya bertemu, Jobs memperkirakann Obama hanya akan menjabat selama 1 periode saja. Jobs berargumentasi pemerintah seharusnya lebih bersahabat dengan kalangan pebisnis dan mereformasi pendidikan.

5. Jobs awalnya menolak operasi kanker
Jobs pada awalnya menolak sebuah operasi kanker yang berpotensi menyelamatkan nyawanya. Rupanya Jobs tidak suka tubuhnya diutak atik. "Dia sungguh tidak siap untuk 'membuka' tubuhnya," kata istri Jobs, Laurene Powell.

6. Jobs sempat menolak ide aplikasi untuk perangkat Apple
Layanan aplikasi termasuk faktor kunci kesuksesan Apple. Namun siapa sangka pada awalnya Jobs tidak suka dengan ide pihak ketiga bisa membuat aplikasi untuk perangkat Apple karena berbagai alasan seperti kemungkinan serangan virus. Namun akhirnya, Jobs berhasil diyakinkan untuk mengizinkan aplikasi di perangkat Apple.

7. Jobs merasa depresi saat peluncuran iPad generasi pertama
Berbagai kritik sempat menerjang Apple pada saat peluncuran iPad meski akhirnya gadget ini sukses keras. Perangkat ini dipandang kekurangan fitur. 'Aku sepertinya mendapat depresi hari ini' kata Jobs pada Isaacson, malam hari sesudah Jobs memperkenalkan iPad.

8. Jobs murka pada Google
"Aku akan menghabiskan nafas terakhirku jika memang perlu dan aku akan menghabiskan seluruh uang Apple sebesar USD 40 miliar di bank, untuk memperbaiki kesalahan ini. Aku akan menghancurkan Android karena ini adalah produk curian," kata Jobs mengenai Android. Ia tidak terima Google mencuri ide-ide iPhone di Android.

Yah, walaupun saya googleholic dan merasa tidak nyaman dengan nomer8..hehehe... apakah mbah steve jobs tidak melihat filmnya sendiri 'Pirate of sillicon valley' yang menggambarkan persaingannya dengan Bill Gates (Apple vs Microsoft) tapi itu 10 tahun lalu, sekarang sudah ada penantang baru (Google) yang memang hadir dengan open-source nya jadi disini yg saya sukai adalah open-source sesuai dengan slogan google 'Dont be Evil' dimana kamu diajarkan untuk berbagi dan berbagi.. jadi tidak ada salahnya jika kita berbagi di jalan yg benar, via open-source.. jadi kita coding sendiri, kita build n develop bersama demi kepentingan bersama

Kalo apple dan microsoft kan lebih ke profitable tanpa melihat peran serta teman2 programmer developer lainnya, sesuai dengan penemu bahasa unix/linux karena dari unix lah komputer lahir, dan mustahil microsoft dan apple ada jika tidak ada unix, jadi disini kita menghidupkan lagi cita2 mbah dennie ritchi (penemu unix), teknologi untuk kemajuan bersama dan untuk hidup yg lebih bermakna

Yah itu cm opini saya saja temen2..jadi saya tetap menaruh respect tinggi sama mbah steve jobs, dimana beliau membawa teknologi menuju hi-END..heheheh... applause untuk steve jobs, semoga kita semakin terinspirasi dan menggunakan teknologi lebih super lagi..
Keep sharing n don be evil..CMIIW



Wednesday, October 26, 2011
Posted by:Unknown ON: Wednesday, October 26, 2011

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »