Dennis Ritchie, penemu UNIX dan bahasa C meninggal pada usia 70

Dennis Ritchie,70??

yah mungkin temen2 tidak tahu beliau, dan lebih familiar sama Mbah Steve Jobs yg RIP minggu kemarin. beliau seorang ilmuwan komputer yang mengubah teknologi modern dengan menciptakan sebuah bahasa pemrograman komputer yg melegenda (bahasa C dan UNIX), tau kan bahasa C? apalagi sebagai mahasiswa teknik elektro dan informatika yg tidak jauh dari eclipse/visualC..heheh Go Open source!!
perbandingan Dennis Ritchie dan Steve Jobs yg sama2 meninggal pada bulan ini.
Beliau meninggal di rumahnya di Murray Hill, NJ. pada 12 Oktober 2011. tidak diketahui apa sebabnya. Berita kematiannya tidak begitu heboh jika dibandingkan dengan kematian pendiri Apple Steve Jobs, yang meninggal minggu kemarin.
"jika bisa diibaratkan semacam 'apel' dan jeruk," kata Paul Ceruzzi, seorang sejarawan Smithsonian dan ahli sejarah komputer. "Ritchie tidak terkenal. Namanya tidak familiar sama sekali, tapi  jika Anda memiliki mikroskop dan bisa melihat dalam komputer, Anda akan melihat karyanya ada di dalamnya"

Dr Ritchie bekerja di Bell Laboratories selama empat dekade, dari waktu sebagai mahasiswa Harvard doktor hingga pensiun pada tahun 2007. Dia adalah penemu dari bahasa pemrograman yang dikenal sebagai C dan co-penemu sistem operasi Unix, inovasi lain yang berasal dari Bell Labs pada akhir 1960-an dan 70-an awal.

Ketika Dr Ritchie pergi ke Bell, bahasa pemrograman komputer adalah misterius dan tak tertembus untuk guru banyak komputer pada zaman tersebut. Sebagai seorang ilmuwan muda, Dr Ritchie pergi untuk bekerja pada bahasa yang canggih namun sederhana.Sesuatu dari burung hantu malam, ia sering pergi ke kantor sekitar siang hari dan bekerja ke malam dari rumahnya.

Bahasa ciptaannya bernama bahsa C, karena bahasa pemrograman yang datang sebelum itu disebut B.

"bahasa C singkat elegan dan melegenda, bahasa tampak sederhana yang memungkinkan programmer hampir memepunyai fleksibilitas tak terbatas" tulis penulis Charles Petzold teknologi di New York Times pada tahun 1996. "Ini menarik bagi naluri macho hacker PC muda dan liar, serta untuk memecahkan teka-teki impuls programmer lebih dewasa karena kekuatannya dan berbagai cara untuk memecahkan masalah"

C bukan tanpa kekurangan - itu rentan terhadap virus, Petzold menulis - tetapi segera menjadi bahasa pemrograman yang paling populer. Hal ini memungkinkan pemrogram untuk dilakukan dalam pekerjaan beberapa bulan yang dengan bahasa lain akan mengambil satu tahun atau lebih.

Bahasa C adalah dasar untuk Unix, sistem operasi Dr Ritchie membantu mengembangkan dengan Bell rekan Kenneth Thompson. Microsoft Windows dan Macintosh berjalan dari pengembangan . Ini adalah Leluhur semua pemrograman kita" kata Ceruzzi.

Dr Ritchie dan Thompson menerima Turing Award dari Association for Computing Machinery pada tahun 1983 - sebuah pengakuan awal apa yang akan menjadi kontribusi bertahan sampai teknologi, kata Tim Bergin, sebuah bahasa komputer sejarawan dan profesor emeritus di American University.

Dennis Ritchie MacAlistair lahir 9 September 1941, di Bronxville, NY, untuk sebuah keluarga ilmiah. Ayahnya, Alistair Ritchie, bekerja di Bell dan co-menulis sebuah buku tentang switching sirkuit. Para Ritchie muda masuk Harvard, di mana ia memperoleh gelar sarjana dalam fisika pada tahun 1963 dan gelar doktor dalam matematika diterapkan pada tahun 1968.

yah bisa diibaratkan memang Apel sama jeruk, dimana jeruk lebih bermanfaat dalam arti kegunaanya dibandingkan rasanya yg kecut, tidak seperti apel yg manis dan menggoda kita untuk memakannya.. perbandingan Steve Jobs dan Dennis Richie (yg satu pengguna yg pintar memodifikasi dan merevolusi teknologi lama menjadi sesuatu yg mustahil bagi kita, sedangkan satunya adalah pencipta semua basis pemrograman teknologi masa kini, tanpa bahasa C tidak akan ada UNIX sebaai dasar dari macintosh dan windows..)

Yah semua itu memang serba membingungkan dan galau sepert halnya temen2 milih??mau yg open source/bayar/malahan mbajak??heheheh

mari budayakan open source..karena ilmu itu untuk kita kembangkan dan kita bagi demi kemajuan kita bersama

keep sharing CMIIW



Friday, October 14, 2011
Posted by:Unknown ON: Friday, October 14, 2011
LabeLs:,

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »