Tahun Baru 2012 Touring ke Bromo

Bromo lagi??
salah satu legend of gunung di indonesia yang merupakan dari rangkaian cincin api dunia.. tahun kemarin aku sudah 3kali kesana dan kali ini karena diajak sama temen2 lab JJ201 dan juga ajang reuni sobat lama yang liburan kerja dari kalimantan. sekaligus sebagai navigator jalan ke bromo, soalnya hanya aku yang pernah ke bromo diantara temen2 lab jj201.

Aku juga bingung mau berangkat apa nggak soalnya cuacanya yang hujan terus dan juga selasanya udah mulai UAS semester ganjil, tahun baru itu minggu. wah2.. tapi karena dari kecil udah jadi bonek.. seakaligus refreshiing sebelum UAS..sabtu pagi sudah siap2 dan seperti biasa sabtu pagi selalu bangun telat jam8.. dan baru nyampe lab jj201 jam 9pagi..hehehe

Ternyata temen2 juga blm siap, praktis molor keberangkatan dari kampus PENS jam setengah11 dengan 6 anak dan 3 motor..perkiraan perjalanan akan menempuh 3-4jam..menurut pengalamanku si.. and nantinya kita ga lewat probolinggo, tapi lewat pasuruan soalnya destinasi kita itu puncak penanjakan bromo view. rute seperti pada gambar dan juga lebih cepat dengan jarak tempuh 120km-an.
rute perjalanan kampus ITS-penanjakan bromo
setelah 1jam dari kampus its, dan melewati cobaan macet luar biasa seperti biasa di lumpur lapindo, akhirnya kita istirahat di masjid bangil sekalian duhuran. oke setelah itu memasuki kota pasuruan, kita belok kanan yang arah malang (kejayan) jalan yang kita ambil sebenarnya bukan jalan utama wisata, soalnya kita cari jalan tercepat, tapi sepertinya lewat pandaan dan purowosari lebih cepat, tapi ya sudah terlanjur..hehe..aku sbg navigator harus tegas dlm mengambil keputusan. oke setelah sampai di kejayan kita mulai naik jalannya di daerah pegunungan menuju penanjakan di kecamatan wonokitri.

Dengan jalan yang mulus, karena jalannya jarang dilewati..heehehe.. soalnya bukan jalan wisata utama ke bromo yang lewat probolinggo. jadi kita melibas jalan naik gunung dengan nyaman kaya balapan motoGP sampai badan miring. hehee.. kan jalannya berkelok-kelok miring juga jadi badan kita juga harus miring juga biar mulus melibas jalannya. setelah hampir 1jam-an naik2 gunung kita istirahat di warung untuk mengisi dua botol aqua besar sama bensin, jaga2 kalau di tengah jalan atau diatas ga ada bensin.hehehe.. oke perjalanan menuju puncak dilanjut smapi akhirnya di kecamatan terakhir wonokitri, disana kita disambut hujan rintik2.. dan seperti yang sudah kuduga pasti hujan. kita mampir beli jajan pentol..hehehe..lumayan untuk menjaga tubuh tetap panas di tengah dingin yang menusuk+hujan di gunung.

jam menunjukkan jam2.. kita pun mbonek naik ke atas lagi ke penanjakan walau hujan gerimis rintik2 yang artinya rawan longsor atau terpeleset ke jurang.. ngeri.. tapi ya kalau kita hati2 dan mbonek pastinya aman..hehehe..Trust Me..setelah melewai jalan yang bener off-road karena bercampur pasir2 longsoran dari bukit, jadi motor kita ya ngepot2 ga jelas..hehehe..dan akhirnya penderitaan kita berakhir setelah sampai di pos penanjakan bawah

Hujan gerimis masih setia mengguyur bromo, kami terdampar di warung bakso di penanjakan bawah. Lumayan untuk menghangatkan badan dengan makan bakso pedas menunggu malam pergantian tahun baru. Akhirnya kita sepakat menjadikan warung ini sebagai base-camp sampai tengah malam nanti. karena memang pengunjung yang naik ke atas puncak penanjkan semakin malam semakin membludak. aku tak bisa bayangkan betapa sesaknya di puncak.
warung base-camp di penanjakan bawah bromo sore akhir 2011
sore terakhir 2011 di bromo yang dingin dan hujan
gerbang menuju kaldera dari penanjakan bawah
view bromo+gunung batok+semeru dari penanjakan bawah di sore terakhir 2011
sunset terakhir 2011 menuju 2012 di bromo
warung base-camp kita di penanjakan bawah
terkapar di dinginnya malam tahun baru bromo
tepat jam 12 malam 2012, kami menikmati pergantian tahun 2011-2012 di penanjakan bawah, dengan view permainan kembang api yang bisa kami lihat dari atas, karena posisi kita diatas probolinggo dan kaldera. dan kebanyakan resort2 ada di probolinggo yang memainkan pesta kembang api..hehehe.. biasanya kita kan lihat kembang api sambil menghadap ke atas, sekarang gantian kita lihatnya merunduk ke bawah..heheheh

sory tidak ada pic kembang api.. kameranya ga kuat ngezomm kebawah udah malam ujan lagi.. sungguh malam tahun baru yang lumayan kelam..heheh

Setelah menikmati ujan2 jam 12malam menyambut pergantian tahun.. akhirnya kita kembali menghangtkan badan di warung base-camp persiapan melihat sunrise besok pagi di puncak penanjakan bromo view.. dan kita pun lanjut tidurnya..hahahaha.. dingin..BRRRRRRRRR..

Setelah puas tidur jam 4-an kita mucak ke atas puncak penanjakan bromo view.. dan seperti yang sudah kuduga.. macet luar biasa di puncak penanjakan.
ramenya puncak penanjakan bromo view di pagi awal tahun 2012
sunrise pertama di awal 2012 dari puncak penanjakan
pura bromo tampak dari kejauhan di awal tahun 2012
puncak gunung arjuno di malang juga terlihat dari puncak penanjakan
Setelah menikmati sunrise di puncak penanjakan, selanjutnya kita kembali ke warung base-camp di penanjakan bawah untuk siap2 menuju kaldera dan gunung bromo. Sebelumnya sarapan dulu setelah semalaman dilanda kedinginan luar biasa..hehehe.. dan juga cek motor apakah bensin masih cukup.. untungnya kita selalu bawah botol isi bensin buat cadangan.. Setelah itu kita pun langsung turun ke padang pasir kaldera bromo via penanjakan bawah.. Trust Me, jalannya lumayan mengerikan, kita yang boncengan pun sesekali turun..disamping jalannya curam dan miring hampir 90 derajat.. jalannya juga rusak akibar gempa tremor bromo beberapa waktu lalu.
sarapan+isi bensin bromo 2012
jalan menuju kaldera yang miring hampir 90 derajat.
beautiful bromo dari jalan menuju kaldera penanjakan
Setelah melewati jalan yang horor turun dari penanjakan ke kaldera akhirnya kita sampai dengan selamat dan langsung photossession dilanjut.. pemandangan dari sini memang lumayan wow.. dikepung sama bukit2 ngarai di segala penjuru dengan pusatnya ada di bromo.. Trust Me, it's Amazing..
dikepung bukit ngarai di kaldera bromo
sampai di kaldera dengan selamat dan narsis..hehehe
kubangan sisa hujan semalam di malam tahun baru 2012
real offroader of kaldera bromo
mejeng dulu di sunrise gunung batok bromo 2012
pura dibawah kaki gunung bromo dan batok awal 2012
Habis muter2 ngetrek di kaldera bromo kita penasaran ke puncak bromo dan melihat kawah bromo, setelah parkir motor kita siap treking ke atas kawah bromo,  melewati pasir2 muntahan bromo pas meletus kemarin.. ada juga yang naik kuda sewaan, tapi sebagai engineer dan lelaki pantang naik kuda..hahahaha.. naik tangga keatas dan melihat kawah belerang bromo yang berwarna kuning, lumayan kalau nyemplung gan..jadi pasukan kuning nantinya..heheh
lautan pasir muntahan bromo saat meletus
naik-naik ke puncak gunung berpasir
kaldera dari puncak kawah bromo
starway to heaven..hehehehe
lubang neraka??wow..
sang penakluk bromo 2012..hehehe
Menjelang siang tinggal pegal yang melanda setelah semalaman merayakan tahun baru di bromo, kita pun putuskan langsung balik ke surabaya lewat probolinggo, yang memang jalur wisata. dan pilihan kita salah untuk lewat probolinggo, macet total..!! karena banyak yang keluar dari bromo setelah semalaman merayakan tahun baru di bromo, dan parahnya ternyata yang masuk ke bromo juga banyak, jadi dengan jalan yang sempit + habis hujan.. macet total selama hampir 3jam di jalan.. ngantuk melanda dan setress.. zzzz..
macet hampir 5km di atas gunung.. ngantuk..
bunga edelweis menemani di tengah macetnya bromo
Alhamdulillah setelah macet diatas gunung kita istirahat di masjid sukapura probolinggo sebelum lanjut otw home ke lab jj201..rutenya seperti gambar dibawah ini.. awal tahun yang luar biasa di 2012..
Trust Me, I'm an Engineer
rute pulang bromo-probolinggo-sby

Saturday, January 07, 2012
Posted by:Unknown ON: Saturday, January 07, 2012

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »