Baluran:Africa Van Java!

Karena sekarang musimnya liburan, maka saya pengen ngajak temen2 liburan ni ke taman nasional baluran? taman nasional yang letaknya di paling pojok atas pulau jawa, dan berada di perbatasan situbondo-banyuwangi, taman ini begitu eksotis dibandingkan dengan taman2 nasional lain di pulau jawa atau di indonesia, apalagi jika kamu kesana pada saat musim kemarau, suasana disana mirip sama di hutan2 liar afrika dengan padang savananya dan juga hewan2 liar yang hidup di dalamnya, makanya aku menjulukinya africa van java..hehehe
welcome to baluran
Mungkin setelah melihat foto dibawah, kamu akan setuju kalau ini memang africa van java..hehehe.. padang savanna yang luas dengan gunung baluran sebagai induk ekosistem taman nasional baluran ini.
Baluran : Africa van Java
Aku ke baluran untuk pertama kalinya pada 25 desember 2010, waktu itu aku masi OJT (on the job training) di PLTU Paiton PT.IPMOMI, dan itu adalah bulan2 terakhirku disana sebelum resign dan lanjut kuliah S1 lagi di elektro-ITS. dimulai dari kosan sabtu pagi seperti biasa selalu diselimuti rasa malas yang luar biasa sampai bangun pun jam 8 pagi.. temenku yang mengajak pun sampai marah2 menungguku..hahaha.. aku ke baluran bersama seorang teman senasib yang OJT di paiton.

peta perjalanan paiton-baluran 
start dari paiton jam 9 pagi, dengan jarak paiton-baluran sekitar 120km-an maka aku perkirakan perjalanan akan memakan waktu hampir 2 jam lebih dengan 2 motor, kami mengendarai motor masing-masing, karena takut kalau boncengan nanti jika terjadi apa-apa di jalan pastinya akan susah, karena nantinya kami akan melewati hutan baluran yang terkenal serem itu..heheheh

Setelah hampir 2jam perjalanan kami tiba di hutan baluran, yang dibelah oleh jalan surabaya-banyuwangi yang merupakan jalan utama bus2 pariwisata ketika menuju bali. ternyata jalan yang melewati hutan ini sampai ke gerbang taman nasional baluran sangat panjang sampai setengah jam untuk mencapainya dari pintu masuk hutan baluran.
welcome banner ketika memasuki hutan baluran
sepanjang perjalanan kiri-kanan hanya pohon jati dan hutan yang lebat, aku ga bisa bayangin kalau aku naik motor sendirian malam2 melewati jalan ini bertarung dengan bis malam yang super cepat. dan juga semakin merinding ketika ada banner jalan tengkorak, tapi aku sangat menikmati menyusuri hutan ini pada pagi itu.. bahkan aku berjalan dibawah 40km/h utk menikmati pemandangan dan keanehan hutan baluran.
jalan surabaya-banyuwangi di tengah hutan baluran
Akhirnya sampai di gerbang masuk taman nasional baluran, disana aku harus membayar tiket masuk dan juga tiket untuk sepeda motor, ternyata pada gerbang taman nasional ini sekaligus markas besar TNI, disana juga terdapat tank yang sudah jadi pajangan di halaman depannya.
di gerbang TN Baluran juga terdapat spot peta wisata baluran yang menarik:

Padang savanna Bekol : padang savana dengan rumput dan semak belukar yang luas tempat rusa, banteng, kijang, dll mencari makan, disana kita dapat mengamati satwa2 tersebut lewat menara pandang dan juga disana terdapat penginapan, musola, dan fasilitas penunjang lainnya.

Pantai Bama : pantai paling timur TN baluran dengan gelombang air yang tenang dan pastinya andalannya adalah keindahan bawah laut dengan air tenang dan bersih.. idaman para diver.. ga usah jauh2 ke bunaken, wakatobi, ato raja ampat.. cukup di baluran..heheh

Pantai Bilik-Sijile :pantai yang letaknya di utara TN baluran.. ternyata menampilkan pemndangan yang menakjubkan antara pantai dan gunung..

disamping itu juga terdapat hutan mangrove di sepanjang pantai.. yang pastinya hutan mangrove-nya sangat lebat n alami..
Peta wisata TN Baluran

Target pertama adalah padang savana bekol yang ada di dalam taman nasional, ternyata perjalanan dari gerbang ke savana lumayan jauh dan berat sepanjang 12km, dan juga karena musim itu adalah musim hujan, jadi jalan yang kami lewati bener2 parah rusaknya, jalan yang asalnya aspal itu rusak parah sampai hanya tersisa batu kerikilnya saja. jadi perjalanan akan lumayan menyiksa.hehehe.. tapi alhamdulillah kami juga menikmati keindahan yang luar biasa dari hutan baluran ini. aku menemukan sekawanan kupu-kupu yang ternyata ngetem di tengah jalan di hadapanku, akupun berhenti sekalian istirahat bersama temanku itu. ternyata kupu-kupu itu sedang mengisap nectar dari bunga2 yang berjatuhan di jalan. sungguh pemandangan yang amazing.
bunga-bunga yang bermekaran di baluran

kupu-kupu ketika berhinggap di bunga yang jatuh di jalan
Sepanjang perjalanan menyusuri taman nasional, aku menemukan beberapa papan informasi tentang taman nasional baluran, dari persebaran ekologi satwa yang kebanyakan adalah rusa dan banteng, karena dua satwa ini adalah satwa khas baluran dan sangat dijaga kelestariannya, semoga aku beruntung bertemu dengan mereka..hehehe.. berikut adalah foto peta ekologi TN Baluran yang aku ambil pas trip ke-2 yang pasti cuaca pas kemarau..kalau pas trip-1 masi musim ujan..


peta ekologi taman nasional baluran
Menyusuri jalan menuju savana bekol dengan kanan-kiri hutan yang hijau dan semak belukar, aku berjumpa dengan burung merak yang melintas, dan juga ada ayam hutan liar yang tampak wara-wiri di jalan.. tentunya di sisi kiri jalan ini saya langusng dihadapkan dengan gunung baluran yang berdiri kokoh, walau gunung ini gunung mati dan ketinggiannya 1500-an meter, gunung ini tampak menyeramkan jika banyak awan hitam di atasnya seperti di film2..hehehe
merak dan ayam hutan wara-wiri di tengah jalan
narsis dulu di tengah jalan dengan background gunung baluran

Setelah menyusuri hutan yang sepertinya tiada ujung.. akhirnya ketemu juga sama padang savanna bekol yang lapang dan hijau dengan rumput dan semak belukarnya...Dan mungkin yang membuat baluran spesial adalah ini salah satunya.. pohon akasia khas afrika yang berdiri tegar di tengah lapanganya padang savanna yang gersang dan hijau.
disana juga aku ketemu sama kawanan rusa yang sibuk mencari makan dan juga beteduh dari panasnya matahari dibawah pohon.. suatu pemandangan yang tidak kamu dapatkan ketika kamu di taman safari sekalipun.. sungguh subhanallah takjub gan..
Aku juga menjumpai gubug yang memajang tengkorak banteng.. keren ya gan.. banteng memang salah satu satwa endemik di baluran sini.. dan keberadaannya terancam kepunahannya.. semoga dengan adanya Taman nasional ini, banteng2 ini tetap lestari dan kita msih bisa mengabadikan mereka mencari makan dan beraksi di padang savanna..
Dan akhirnya.. ketemu juga sama banteng yang melegenda itu gan.. banteng jawa yang terancam punah karena terdesak oleh kita jg..
Setelah menyusuri dan mengabadikan penghuni padang savanna bekol ini sekalian istirahat dan solat dzuhur, aku mampir di resort yang ada di tengah savana bekol ini.. disana terdapat penginapan, masjid, dan juga convention hall untuk acara keluarga. lumayan lengkap fasilitasnya, tapi ya begitu sepertinya masih kurang terawat dengan baik gan.. padahal balura ini sudah mendunia lo gan..

Penginapan di bekol
numpang narsis dulu di savana bekol..heheh
oiya.. di resort savana bekol ini juga terdapat menara pandang di atas bukit bekol, disana kita dapat mengamati penjuru padang savanna bekol gan... bagus bagi fotografer yang mau mengabadikan kehidupan liar di padang savanna yang luas dan lapang ini.
Setelah puas menyaksikan luasnya taman nasional baluran dari atas menara pandang bekol, tujuan selanjutnya adalah pantai bama yang ada di sisi timur 3 km dari padang savana bekol, yang aku suka dari baluran adalah TN nasional ini setelah gunung, hutan liar, padang savana yang luas, hutan mangrove, dan akhirnya pantai yang jernih dan tenang..tentunya tidak lupa untuk narsis dulu..heheh.. ini foto pas trip-1 gan
tersesat di tengah padang savanna dengan background gunung baluran
luasnya padang savanna dengan gunung baluran yang kokoh berdiri

sisi lain padang savanna

3km menuju pantai bama dari savanna bekol walau cuma 3km, ternyata jalannya lebih parah dari jalan dari gerbang ke savanna bekol, tapi rasa kecewa itu sedikit terobati dengan adanya kubangan tempat penghuni baluran untuk minum dan mandi.. disana biasanya banteng mandi dan berkubang di tengah teriknya matahari. namanya pun aneh.. curah tangis, dan anehnya ini adalah mata air yang tak pernah surut, walau kemarau sekalipun.. semakin takjub gan..
kubangan curah tangis baluran

akhirnya 3km yang menyiksa berakhir jg disambut dengan sekawanan bala tentara kera di sepanjang pantai bama. Rupanya kera ini lumayan nakal, ketika aku lihat ada pengunjung yang dijahili..
di sepanjang pantai yang biru, tenang, dan jernih ini terdapat hutan mangrove yang tumbuh subur sebagai satu kesatuan ekosistem yang begitu alami..
ngasoo di mangrove pantai bama..
nyangkut di mangrove pantai bama

pantai bama dengan hutan mangrove-nya yang super
Pantai bama ini sungguh membuatku jatuh cinta.. dengan pasir yang jernihnya.. sunyi senyap dengan suara semilir angin bertiup... sangat tenang soundless membuat hati menjadi damai..
pantai yang sunyi dan soundless... tenang damai..
Disamping pantai bama, TN Baluran juga mampunyai pantai bilik sijile, yang ternyata pantai ini lebih spektakuler dari pantai bama gan.. soalnya landscape backgroundnnya langsung gunung baluran yang berdiri kokoh.. seperti terdampar di film2 hollywood ane gan ketika di pantai bilik sijile ini.. kesannya lumayan membuat hati agak syok gan melihat keajaiban dari yang maha kuasa ini.. apalagi kalau pantai lagi surut... di bilik sijile ini indahnya koral2 bawah laut akan terpancar keluar gan.. semakin betah berlama-lama di baluran..benar2 taman nasional yang komplet..
pantai bilik sijile dengan gunung baluran sebagai bakckground
pantai bilik sijile yang bening
indahnya koral di pantai bilik sijile pas surut
sunset di pantai baluran

Rasanya berat untuk meninggalkan baluran.. tapi tak kerasa hari sudah senja dan aku dan temenku harus balik lagi ke paiton.. semoga suatu hari nanti bisa kesini lagi.. bagaimana tanggapannya temen2 tentang baluran ini?? Kalian harus kesini.. kalau ada waktu mungkin kita bisa kesana bareng2.. touring motor sepertinya menarik dan Trust Me!! kamu ga akan menyesal datang kesana!! taman nasional yang komplet dengan hutan jati liarnya, gunung baluran, kekayaan flora dan bunganya, satwa2 langka dari banteng, rusa, merak, ayam hutan, dll.. padang savanna yang hanya ada di pulau jawa serasa di afrika, hutan mangrove yang amazing, pantai yang jernih dan tenang cocok untuk diving dan juga pemandangan yang luar biasa edan pantai dengan gunung.

finally terakhir mau narsis dulu gan di depan banner gunung baluran..heheheh.. jangan lupa komennya y gan??
Trust Me, I'm an Engineer!!




Saturday, July 14, 2012
Posted by:Maula Nurul Khakam ON: Saturday, July 14, 2012
LabeLs:

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »