Smoking Kid

Semua orang tahu rokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan kita, dan mengapa masih banyak yang menghisapnya?? apalagi banyak iklan rokok2 di TV, dan semakin miris ketika tahu kalau perekonomian bangsa ini banyak didominasi oleh rokok, misal pemilik djarum yang jadi orang terkaya di indonesia, dari djarum, gudang garam, dan sampoerna. Bahkan sampoerna sampai diakuisisi oleh philip morris pemilik brand marlboro yang mendunia itu, saking kepincutnya orang asing sama bebasnya industri rokok disini. Soalnya di negara maju, rokok itu sesuatu yang memalukan!! dan mereka sadar sepenuhnya kalau merokok itu sangat buuk bagi kesehatan, bahkan mereka ketat dalam regulasi iklan rokok.

Saya teringat 10tahun lalu ketika saya masih SD pas masih maniak F1 ada dua tim besar yang berebut yakni ferrari dan Mclaren, dan ironisnya dua tim tersebut disupport sepenuhnya sama dua rokok terbesar dunia (marlboro dan west). Begitu juga sama motoGP.. tapi yang membuatku salut sama panitia F1, mereka tidak menampilkan iklan rokok itu pas bermain di sirkuit negara tertentu yang sangat menolak iklan rokok. tapi saya bingung dengan indonesia??

oke.. kembali ke topik >> "Smoking Kid" disini membahas video dari youtube tentang iklan anti-smoking dari thaihealth thailand, disini adalah kisah nyata yang direkam dengan hidden kamera, dimana ada sekelompok orang dewasa yang sedang asyik merokok di tempat umum, dan terdapat dua anak kecil yang membawa rokok.

Kedua anak kecil itu meminta korek api kepada orang dewasa tersebut untuk menyalakan rokoknya. Seketika orang dewasa tersebut menceramahi mereka tentang bahayanya merokok bagi tubuh mereka dari penyakit kanker, stroke, tumor paru2.. dll dan juga ada yang bilang kalau mereka merokok maka mereka akan terlihat tua bagi ank kecil tersebut.. Tapi kemudian anak kecil itu membalas "kenapa kamu ko merokok??". Seketika mereka (orang dewasa) langsung diam tak berkutik, dan anak kecil itu memberika secarik kertas brosur kepada mereka yang isinya

"You worry about me, But why not ablout yourself??"

jelas sekali kalau orang dewasa itu tampak menceramahi anak kecil yang merokok itu dan mereka khawatir dengan itu, tapi kenapa mereka tidak khawatir dengan diri mereka sendiri. Semoga video iklan ini menggugah hati mereka yang masih terkungkung dalam kelamnya asap rokok. dan saya yakin saya sebagai pemuda harapan bangsa mempunyai tanggung jawab untuk mengingatkan mereka. karena saya yakin kita sebagai pemuda harapan bangsa sudah saatnya membawa bangsa ini terbang dari segala kekurangan seperti sekarang, dan menunjukkan kalau kita ini bangsa yang besar dengan hasil kerja keras yang nyata, tidak hanya mengebulkan asap rokok.
Trust Me, I'am an Engineer



Sunday, July 15, 2012
Posted by:Unknown ON: Sunday, July 15, 2012
LabeLs:

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »