Masih belum Merdeka dari Listrik

Salam Merdeka engineer2 semua..

Hari ini tepat 17 Agustus 2012 yang artinya 67 tahun kita merdeka dan sepertinya saya tidak bisa mengikuti upacara bendera (update>> bukan sepertinya lagi, tapi memang tidak hadir) yah mungkin karena kampus libur dan juga jarang mahasiswa itu ada upacara bendera tidak seperti masa sekolah dulu yang wajib upacara tapi pas kuliah ko ga pernah ada upacara, jadi bukan salah saya kalau saya tidak ikut upacara.
peta penerangan dunia
Tapi setidaknya saya punya mimpi ingin memerdekakan bangsa ini dari krisis energi, yah karena saya ini mahasiswa electrical engineering dan penghuni lab KE (konversi energi) dan selalu terobsesi sama renewable energy (energi terbarukan). coba teman-teman lihat peta dunia diatas yang menggambarkan electricity penerangan seluruh dunia ketika dilihat pada peak time malam. dan coba perhatikan peta indonesia!!>> almost DARK!! dan yang bersinar hanya pulau jawa dan bali dan juga semenanjung malaysia dan singapura.. selebihnya gelap..

Miris ketika melihat kejomplangan energi di indonesia, terutama energi listrik, dimana di luar pulau jawa listrik itu ibarat emas dan listrik disana pasti byar-pet bahkan nothing. padahal di kalimantan adalah tambang batu bara yang merupakan bahan bakar utama PLTU batu bara yang menghidupi listrik JAMALI (jawa madura bali) tanpa batu bara dari kalimantan, saya bisa pastikan jawa black-out total.

nah mungkin salah satu mimpi saya tentang energi adalah menciptakan brand atau perusahaan yang fokus sama energi terbarukan yang menjangkau seluruh pelosok pulau terpencil bangsa ini misal penggunaan solar cell yang terus dikembangkan sehingga enegi yang dihasilkan maksimal, terus baterai sebagai unsut penting dimana baterai dikembangkan sehingga saya punya mimpi baterai itu cepat untuk di-charge sehingga penggunaan EV (electric vehicle) bisa menjadi trend-setter.

Terus disamping solar cell yang cocok bagi bangsa ini karena kita pasti terpapar matahari setahun penuh walau ada musim hujan, tentu sumber renewable energy lainnya adalah wind turbine (kincir angin) tapi berhubung indonesia ini negara tropis yang perputaran anginnya ga sekencang di iklim subtropis.

tapi mungkin bisa memanfaatkan energi kinetik dari micro hydro, mengingat bangsa ini bangsa cincin api yang mempunayi banyak gunung sehingga air dari gunung pun melimpah, sehingga energi dari micro hydro ini sangat mungkin diterapkan.

terus energi dari thermal bumi, yah kembali ke bangsa cincin api, kita dapat memanfaatkan panas bumi untuk memperoleh superheated saturated steam yang nantinya memutar turbine dan turbine akan mendrive generator yang menghasilkan energi listrik.

semoga potensi energi yang besar dan nyata itu tidak hanya ada di konsep saya dan konsepnya teman-teman, saya yakin kita ini generasi terbaik bangsa yang akan membawa kemana bangsa ini berada.

Merdeka !! Trust Me, I'm an Engineer




Friday, August 17, 2012
Posted by:Unknown ON: Friday, August 17, 2012
LabeLs:

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »