Blogger Indonesia Dituntut Facebook

Kadang Kreatifitas kalau berlebihan tidak selamanya baik, malah ada yang harus berurusan dengan meja hijau hukum, seperti yang dialami teman kita sesama blogger Indonesia yang bernama Mas Ainun Nazieb. 'Lawan mainnya' pun tak tanggung-tanggung, yakni situs jejaring raksasa Facebook, yang biasanya kita buka tiap hari, heehe
Seperti yang saya baca di detikinet, Kisah berurusannya Nazieb dengan Facebook ini bermula ketika ia coba berkreasi membuat themes untuk blog yang tampilannya mirip dengan Facebook. Tema yang ia pilih adalah 'Smells Like Facebook'.  seperti screen shot dibawah ini
Theme wordpress karya Ainun nazieb yg diperkarakan sama facebook
"Awal membuat themes ini untuk pribadi, lalu dirilis untuk umum. Tapi bukan untuk dijual, jadi banyak yangdownload," ujarnya kepada detikINET, Kamis (17/11/2011).

Hanya saja, kreativitas Nazieb berbenturan dengan Undang-undang Hak Cipta. Hingga pada akhirnya, dirinya dihubungi oleh pihak yang mengaku sebagai kuasa hukum Facebook untuk mengklarifikasi masalah ini.

"Jadi dianggap melanggar oleh pengacara mereka (Facebook-red.). Dan nanti akan dijadwalkan untuk sesi klarifikasi masalahnya," lanjut Nazieb.

Kasus ini sendiri memang belum sampai ke tangan pihak berwajib. Namun pihak Facebook sudah mengirimkan surat keberatannya. 

Themes bergaya Facebook yang dipermasalahkan itu kini sudah dihentikan aktivitas pengunduhannya di blog pribadi Nazieb. 

"Dan hari Rabu depan rencananya baru akan ketemu kuasa hukum mereka (Facebook-red.)," pungkasnya.

Dulu pas pertama bingung milih theme yg pas buat blog ini, saya juga sempat tertarik menggunakan smell like facebook, tapi versi blogger karena blog ini pake blogger sbg platformnya, akhirnya nemu, tapi ternayata tidak sesuai dengan ide dan kreatifitas saya, karena terlalu mirip, padahal saya pengennya yg beda..

Akhirnya yang saya tiru itu warna birunya, karena saya memang suka warna biru, jadi saya make warna RGB #3B5997 (biru) pada header blog ini, kalau facebook sendiri #3B5998, beda tipis lah di digit terakhir, hehehe..

Yah, boleh saja kita ber kreatifitas, tapi selalu ingat akan kata unique dan be your self, heheheh, semoga kita mendapat pelajaran berharga dari kasus blogger mas nazib ini, semoga mas nazib diberi kesabaran, ketenangan dalam menyelesaikan masalah ini, jangan panik dan terus maju ke depan

Keep Sharing n Blog walking..



Thursday, November 17, 2011
Posted by:Maula Nurul Khakam ON: Thursday, November 17, 2011

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »