budayakan open-source di windows7

open source??linux?? bukan.. open source ya open source? hehe, jadi disini saya mau bahas tentang software/apilkasi, ataupaun IDE yg full gratis dan open source!! oke.. saya tau OS temen2 itu windows kan??heheheh (sok tau tapi ya saya yakin jwbnnya iya..hadeh..) oke dan lebih parahnya lagi pasti bajakan jg kan..ehehehe... saya jg gitu ko temen2.. dulu pas beli laptop ini pun kosongan (hemat 1.4 juta)heheheh daripada beli windows7 asli?? mendingan install sendiri trs pake loader udah langsung jadi asli..wkwkw

yap, tapi itu dulu mungkin 2.5 tahun lalu (pas pertama kalinya windows7 launching), tapi pas diajar sama dosen pembimbing saya, bapak Achmad Hendriawan, S.T, M.T . Beliau dosen di politeknik elektronika negeri surabaya (PENS-ITS) a.k.a eepis-its for international name..heheh, beliau adalah KaLAB Interface D.306, jadi kalo temen2 bingung sama interface komunikasi microcontroller/device beliau sangat recommended, TA saya pas D3 yg interface (software simulasi sistem kontrol ID-Fan pada boiler Paiton Power Plant) pun alhamdulillah rampung tepat waktu dan lebih alhamdulilllah lagi dapat A

Oke apa hubungannya open source sama bapak Hendriawan, hemm.. pas diajar SMT (sistem manufaktur terpadu) dimana matkul ini lebih ke desain sebuah manufaktur (pabrik) dan lebih kepada komunikasi interface antar device dari sensor-kontroller-aktuator, sehingga dibutuhkan software sebagai interface dan pengolah data (processror), dan hardware dari microcontroller sebagai kontroller sekaligus jembatan antara interface dengan sensor dan aktuator, jadi disini komunikasi sangat vital..hehehhe

oke pas waktu itu beliau mengenalkan saya dengan software2 yg asing di mata mahaswa dan umum.. seperti Qt, google Sketch Up, notepad++, open office, eclipse, dan tentunya linux ubuntu.. beliau banyak berceramah tentang piracy dan patent2nya..heheh, jadi kalo kita ini makai software bajakan apa bedanya dengan mencuri??loh kan ini untuk tujuan pendidikan not commercial,.. oke.. begini, kalo dari sejak bangku kuliah saja sudah terbiasa dan memang itu yg biasa digunakan (windows, software berbayar , crack/keygen, S/N) heheh, terus kalo nanti udah lulus terus kita punya ide dan project dan pas kita mau pubish ternyata software unutuk membuat project itu sendiri bajakan, dan pastinya kita harus membelinya..sudah kita buat susah2 eh kita jg harus setor jg..heheheh
yang halal dan gratis aja banyak, kenapa milih yg haram dan mahal (windows/MAC/apple), oke memang kualitasnya bagus, tapi kita ini dalam proses belajar dan belajar, jadi lebih baik kita tahu seluk beluk software/apilkasi tersebut, dan lebih baik lagi jika kita bisa turut serta dalam mendevelop aplikasi tersebut menjadi lebih baik dengan menguarangi bug(error) dan improved software tersebut lebih baik lagi, rasanya pasti bangga jika nama kita ada di change-log software tersebut..hehehe
apalagi banyak yg mendownload dan pastinya ada timbal balik nantinya akan datang sendirinya, jadi sesuai dengan moto blog ini.... sharing is the best thing for everything..hehehe

Oke...itu hanya wacana dari saya temen2, jadi monggo kalo ada tanggapannya dan kritik yg membangun, atau sharing2 soal cerita open-sourcemu, bisa disharing disini..
Keep sharing and dont be EVIL (windows pirate..)



Sunday, November 06, 2011
Posted by:Maula Nurul Khakam ON: Sunday, November 06, 2011

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »