Kampusku ITS MELARANG Motor/Mobil masuk! [wajib nggowes rek]

Horee..kampusku sekarang bener2 "ijo royo2" ini seiring dengan rencana  larangan kendaraan bermotor berkeliaran di kampus ITS dan mewajibkan warga ITS menggunakan sepeda!! akhir2 ini kampusku its memang gencar mengawali kampanye eco campus dengan acara "Gugur Gunung" yang diadakan pada sabtu pagi 17september 2011 kemarin, dan saya kira ini adalah kampus pertama yg berani dengan lantang menyuarakan kampus yg hijau dan ramah lingkungan, untuk info selanjutnya bisa ke www.ecocampus.its.ac.id
Disamping acara penanaman pohon di lingkungan kampus ITS kemarin, saya pun ikut serta pas paginya (jogging mengitari kampus ITS raya maksudnya..heheheh).. maklum kan yg meramaikan acara tersebut itu maba (mahasiswa baru), jadi saya yg jg maba, maba 2007..hehehe.. agak bingung pas mau ke GOR ITS ko jadi rame ini ada apa??eh ternayata ada pembukaan acara gugur gunung oleh Pak rektorat dan bu walikota, jadi saya hanya bisa lewat dan meneruskan jogging sambil liat adek2 maba yg masih ijo2..(bajunya yg ijo lo..heheheh) ternyata ada rencana untuk mewajibkan mahsiswa menggunakan sepeda, dan melarang kendaraan bermotor masuk kampus.
Seperti yg saya kutip dari ketua Program eco-campus ITS!! Bpk. Dr Eng Ahmad Rusdiansyah "aspek lain yang diperhatikan dalam program eco-campus ini adalah persoalan transportasi. Penataan sistem transportasi harus menekankan pada usaha mengurangi ketergantungan pada penggunaan unit kendaraan bermotor pribadi

Ketersediaan fasilitas yang aman, nyaman dan terencana baik, akan mendorong penggunaan sepeda dan mendukung aktivitas pejalan kaki. Saat ini, beberapa ruas jalan di ITS sudah dilengkapi dengan jalur khusus sepeda. Tahun mendatang, diharapkan semua ruas jalan ITS sudah dilengkapi dengan jalur sepeda.

Kami berusaha menggalakkan penggunaan sepeda di lingkungan kampus. Rencananya, tiap Jumat akan dijadikan car free day. Jadi, tidak boleh ada motor dan mobil masuk kampus. Sepedanya kami sediakan berkat kerja sama dengan mitra kami,” tuturnya

Menurut rencana si.. Seluruh motor/mobil akan diparkir di Gedung ITS, Hal itu juga berlaku bagi segenap civitas akademika ITS (dari dosen, manajemen BAAK, dll), Selanjutnya, mereka akan masuk ke ITS menggunakan sepeda yang akan disediakan sebanyak 560 unit.disamping itu melalui program eco-Campus ini, akan dibangun jalur khusus angkutan massal dalam kampus. 

Sayangnya, Bpk Ahmad tidak menyebut secara pasti kapan pelarangan sepeda motor dan mobil masuk kampus itu berlaku?? Namun, menurutnya, program Eco-Campus ini akan berlanjut selama empat tahun ke depan. "Jika nanti seluruh infrastruktur itu siap, maka kebijakan ini akan langsung dilakukan," katanya... 

Di tempat yang sama, sekretaris program eco-campus, Susi Wilujeng menambahkan, Eco-Campus adalah konsentrasi terhadap program penghijauan di kampus ITS. Penghijauan itu akan dilaksanakan dengan penanaman hutan kampus berdasarkan fungsi konservasi dan budidaya terutama untuk tanaman langka spesifik yang dapat tumbuh di ITS sehingga dapat menjadi ciri khas ITS yg hijau..

Keanekaragaman hayati juga dapat dicapai, di antaranya dengan mengelola lahan tidak terbangun, baik di dalam maupun di sekitar kampus. Misalnya, dengan penghijauan kampus sehingga dapat mendorong keragaman fauna,” ujarnya.

Arek ITS menanam pohon seperti semangat mereka yang selalu terbarukan!! VIVAT!!
Saya sebagai mahasiswa ITS pun bangga dengan rencana ini, dan juga kemarin pun sudah terlaksana untuk penanaman sejuta pohon di kampus ITS, kalau tidak kita maka siapa yang akan mengawali untuk menyelamatkan lingkungan kita..

Sebagai mahasiswa power electrical engineering pun akan terus mengabdikan ilmu untuk membantu lingkungan kita tetap HIJAU, salah satunya adalah dengan bidang renewable energy pada listrik, seperti kita ketahui hampir 80% sumber listrik kita ini dibangkitkan dari bahan bakar fossil (minyak, batu bara, gas dll) tentunya tidak sesuai dengan semangat terbarukan!!

Semoga semangat ini akan terus membara seperti listrik yang akan terus ada untuk kemajuan kita bersama, tetapi apa artinya jika lingkungan kita rusak!
Ayo teman2 kalau tidak kita siapa lagi...


ViVAAAAAAAAAAAAAATTT
Hidup ITS...



Tuesday, September 27, 2011
Posted by:Unknown ON: Tuesday, September 27, 2011

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »