Tugas menggambar single line diagram Kerja Praktek di pertamina perak

Minggu kedua KP [Kerja praktek] di Pertamina Terminal BBM surabaya group Perak, langsung mendapat tugas menggambar single line diagram satu plant terminal BBM pertamina perak surabaya.


Masalahnya adalah pada saat pertama menjejakkan kaki disini, saya dan satu temanku udah berkeliling plant terminal BBM yang terdiri dari 20 tangki minyak premium, solar, avtur, bio diesel. dan tentunya pertama kali yang saya tuju adalah power house, karena memang tujuan utama saya adalah mengetahui sistem kelistrikan plant ini sesuai dengan jurusanku power system engineering, dan saat masuk di power house betapa terkejutnya saya ketika melihat kondisi power house plant ini yg begitu terbengkalai dan kurang terawat dari sisi pertama melihatnya..hehehe, maklum udah satu tahun di paiton yg memang kelistrikannya nomer wahid di indonesia.

dan ketika saya tanyakan sama operatornya , namanya Om didiet, saya tanya kapasitasnya maksimal bisa 1MW, dan tentunya pas saya tanyain dimana single line diagramnya, beliau bingung dan menjawabnya denan tenang, oh itu ada di hafalan kita mas.., langsung saja saya radak bingung jg..waduh perusahaan sebesar ini dan plant yg lumayan ruwet, kelistrikannya tidak terorganisir dengan baik ditandai dengan tidak adanya diagram yg memetakan kelistrikan plant ini.. terus nantinya kalau ada trouble bagaimana mencari penyebabnya dan saya tidak bisa membayangkan betapa bingungnya saat troubleshooting electrical plant ini..heheheh

oke, untuk itu saya ngajuin ke engineernya, namanya bapak harris untuk membuat single line diagram electrical plant terminal BBM pertamina ini, tentu saja dengan sketsa awal coret-coretan dari pak harris yg tau betul kelistrikan dan jalur single line diagram plant ini..

dan ini saya ada screen shotnya single line diagram yg masih dalam proses.. semoga dengan begini perushaan BUMN lebih profesional lagi dan tidak menyepelekan hal2 yg kecil tapi luar biasa penting seperti single line diagram.


Keep sharing n be agent of change!!



Tuesday, December 06, 2011
Posted by:Unknown ON: Tuesday, December 06, 2011

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »