kegunaan bola pada SUTET

Saat temen2 sedang berjalan-jalan dan kebetulan melewati bentangan kabel listrik SUTT/SUTET, adakah hal yang menarik yang temen2 perhatikan?

Selain tiang-tiang kabel bertegangan tinggi serta seliweran kabel, apakah temen2 pernah memperhatikan adanya bola-bola berwarna terang biasanya merah dan orange yang tersusun di salah satu bentangan kabel tersebut? Tapi kenapa tidak semua kabel yang terbentang di tiang listrik itu memiliki bola-bola itu? Apakah maksud dan kegunaan untaian bola-bola tersebut?

Nah, apakah temen2 tidak menyangka, bahwa kegunaan bola-bola itu adalah untuk menarik perhatian para pilot pesawat terbang atau helikopter. Ya, begitulah, saat terbang melintasi atau hendak mendaratkan pesawat/helikopter di landasan atau tempat yang agak luas, sang pilot juga harus hati-hati terhadap bentangan kabel-kabel listrik.

Kabel listrik yang terbentang biasanya agak sulit “terlihat” dari angkasa. Nah oleh karena itu dipasang bola-bola yang berwarna cerah, yang terbukti lebih “terlihat” dari udara.

Nah sekarang anda sudah tahu kan, kenapa tidak semua tiang listrik bertegangan tinggi memiliki “bola-bola”. Hanya kabel yang membentang di sekitar bandara atau tempat yang luas yang memiliki bola-bola tadi. Sebagai petunjuk bagi para “angkasawan” agar tidak “menabrak” kabel-kabel listrik bertegangan tinggi itu.



Monday, December 26, 2011
Posted by:Unknown ON: Monday, December 26, 2011

About Maula Nurul Khakam

Maula Nurul Khakam1989 | I'm an Electrical Engineering in ITS Surabaya Indonesia | maniac in power electronic and automation | i've dream to combine green energy resources with education and food >> Trust Me, I'm an EngineerRead More »